Diamond

  1. Propolis Harga Grosir

    www.propolisdiamond.com
    Penawaran terbatas. Segera kontak
    kami untuk raih kesempatan ini.

Kamis, 16 Desember 2010

Indonesia Kembangkan Energi Geotermal

Indonesia Kembangkan Energi Geotermal
Oleh Administrator
Rabu, 24 November 2010 19:44
Jakarta, Tambangnews.com.- Kebutuhan listrik dalam negeri yang terus meningkat harus disiasati dengan strategi penggunaan energi terbarukan yang ramah lingkungan. Demikian paparan yang disampaikan Direktur Program Ditjen Listrik dan Pemanfaatan Energi (LPE) Departemen ESDM, Emy Perdanahari pada Konfrensi Indonesia Power di Hotel Hyat Jakarta, Ranu (24/11/2010).

Menurut Emy, peluang bisnis energi terbarukan masih terbuka luas, seiring dengan meningkatnya kebutuhan listrik dalam negeri. "Pemanfaatan energi geotermal sangat ramah lingkungan dan masih terbuka luas diseluruh Indonesia." papar Emy.

Diuraikannya saat ini untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat sebesar 9% per tahun, diperlukan sekitar 6.000-7.000 MW energi terbarukan/tahun. Sementara saat ini, energi terbarukan baru mencapai 5-10 MW.

"Potensi energi terbarukan seperti panas bumi, angin, surya dan arus laut (ombak), masih menjadi peluang untuk dikembangkan namun investasi pengolahan energi terbarukan menjadi listrik tersebut membutuhkan investasi besar." jelasnya seraya menegaskan untuk kebijakan jangka panjang, Indonesia akan fokus pada pengembangan energi terbarukan ini.

Dia menilai pemanfaatan energi terbarukan hingga kini masih minim. Pada 2008, pemanfaatan tenaga air baru 5% atau 4.200 MW dari 75.670 MW dan panas bumi 3% atau 1.052 MW dari 27.000 MW.


© 2010 Tambangnews.com

* Redaksi
* Smart Intermedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar